Pengertian, Permainan, Kelebihan dan Kekurangan Outbound

Pengertian OutboundOutbound adalah wisata alam yang menyajikan berbagai macam permainan dan wahana yang bisa anda nikmati bersama dengan teman – teman anda, kerabat anda, saudara maupun dengan keluarga anda.

Wisata ini merupakan tempat yang sangat baik sekali juga untuk sistem pembelajaran bagi anak – anak maupun juga remaja dan dewasa karena banyak sekali wahana yang memberikan arti atau pembelajarannya sendiri bagi orang – orang yang melakukannya.

Selain itu, setiap wahana yang ada di outbound ini juga disesuaikan dengan usia dan kriteria lainnya sehingga akan aman dalam pelaksanaan wahana atau permainan tersebut. Dengan adanya hal ini setiap permainan akan ada aturan – aturan tersendiri dan tidak sembarang usia dapat melakukan permainan tersebut karena harus di sesuaikan dengan umur dan kebutuhan orang tersebut.

Dan yang lebih amannya lagi adalah ada pemandu di setiap permainan maupun wahana yang ada di tempat outbound tersebut sehingga akan selalu ada arahan dan panduan dari pemandu atau instruktur yang ada di situ untuk membantu anda dalam menjalankan permainan tersebut sehingga dapat menyelesaikan permainan tersebut dengan baik.

Kelebihan Outbound

Outbound memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihannya jika dibandingkan dengan wisata atau wahana lainnya yang baru – baru ini bermunculan maupun wahana – wahana lama yang sudah ada. Outbound ini juga seringkali di cari untuk sekolah – sekolah yang membutuhkan pelajaran dari alam sehingga membantu siswanya dalam mengenal alam.

Berikut ini beberapa kelebihan dari outbound yaitu sebagai berikut ini :

1. Melatih Tanggung Jawab Setiap Individu

Tanggung jawab merupakan hal yang sangat pening dan harus di miliki oleh setiap orang agar dapat bersosialisasi dengan baik di masyarakat maupun di sekolah dan di tempat pekerjaan. Dengan mempunyai rasa tanggung jawab juga membuat anda dapat konsisten dan dapat dipercaya oleh orang lain.

Rasa tanggung jawab ini sebenarnya semua orang mempunyai namun terkadang karena tidak di asah maka tidak dapat melakukan tanggung jawab itu dengan baik. Sedangkan setiap apapun itu pasti memerlukan adanya tanggung jawab.

Dalam permainan – permainan yang ada di outbound tersebut akan melatih anda dalam memberikan rasa tanggung jawab baik itu permainan untuk individu maupun kelompok. Yang paling penting adalah melatih tanggung jawab kepada dirinya sendiri.

Jika seseorang dapat bertanggung jawab kepada dirinya sendiri makan itu akan membuat seseorang tersebut juga dapat bertanggung jawab dalam tim maupun kelompok yang seseorang tersebut lakukan.

Permainan yang dapat mengajarkan seseorang belajar tentang arti tanggung jawab adalah seringkali permainan yang berbentuk kelompok atau tim. Dengan melakukan permainan tersebut rasa tanggung jawab itu akan dengan sendirinya keluar dan jika rasa tanggung jawab itu muncul maka permainan tersebut pun akan berjalan dengan sangat baik.

2. Dapat Bekerja Dalam Tim

Bekerja dalam tim merupakan suatu keharusan dalam setiap individu karena setiap individu pasti akan hidup bersama dengan orang lain dan akan terus bersosialisasi dengan orang lain terutama dalam kerja tim.

Kerja tim ini sangat diperlukan untuk mencapai suatu tujuan bersama dan untuk mencapai tujuan bersama itu harus mempunyai tim yang baik. tim yang baik ini juga harus perlu di latih agar tau porsinya masing – masing di dalam kerja tim. Karena dalam tim ini harus dapat menghargai perannya masing masing.

Dalam melatih peran di dalam kerja tim ini dapat anda mulai dengan melakukan permainan kerja tim di outbound – outbound yang tersedia di daerah anda sehingga dengan melakukan permainan tersebut peran anda dalam bekerja tim akan terus terlatih.

3. Refreshing

Bagi anda orang dewasa yang sudah mempunyai aktivitas rutin setiap hari seringkali merasa stres dan penat dengan rutinitas sehari – hari tersebut sehingga membutuhkan refreshing yang akan membuat anda semangat lagi dan segar kembali untuk menajalani rutinitas anda.

Dengan pergi ke tempat outbound yang merupakan wisata alam ini dapat memberikan rasa nyaman dan senang karena tempat ini merupakan tempat bermain alam yang tentu saja akan menikmati alam yang bebas dan sejuk.

Dengan adanya hal tersebut stres ataupun lelah – lelah dalam menjalani rutinitas sehari – hari akan hilang dengan melakukan permainan – permainan yang tersedia di outbound tersebut dengan di temani pemandangan yang indah dan sejuk.

Kekurangan Outbound

Setiap segala sesuatu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing seperti halnya dengan outbound yang banyak sekali mempunyai kelebihan dalam setiap permainan – permainan yang ada.

Kemudian, selain kelebihan – kelebihan tersebut juga tentu saja mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan pada outbound yang perlu anda ketahui yaitu :

1. Hilang Rasa Keseriusan

Tidak semua orang dapat membedakan mana yang serius dan juga mana yang harus serius. Dalam setiap permainan di outbound ini tentu memiliki beberapa waktu yang dalam permainannya ada yang waktu serius dan ada waktu saat untuk bercanda.

Seringkali saat waktu serius itu dianggap bercanda oleh seseorang sehingga akan hilang rasa keseriusan tersebut dan justru kan membuat yang lainnya marah jika permainan tersebut adalah permainan tim atau kelompok.

2. Tidak Dapat Membedakan Urusan Pribadi Dengan Pekerjaan

Pada pekerja – pekerja seringkali meluangkan waktu untuk bersama – sama bermain di outbound dan saat permainan tersebut pun akan menghilangkan mana atasan dan mana bawahan sehingga permainan akan berjalan dengan baik sesuai dengan perannya masing – masing dalam permainan tersebut.

Permainan tersebut akan membuat tim tersebut akrab dan menyenangkan namun hal itu dapat membawa kesan tersebut di dalam pekerjaan yang sebagai rutinitas sehari – hari sehingga atasan dan bawahan akan tidak saling menghormati kembali.

Mungkin itu saja pembahasan seputar pengertian outbound. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu memahami apa itu outbound. Terimakasih 🙂